Cari Blog Ini

hai..salam kenal

selamat datang di blogku.semoga apa yang anda baca bisa bermanfaat.
dan jangan lupa tinggalkan komentar anda sebelum anda keluar.
Terima Kasih

Rabu, 10 Februari 2010

SEJARAH MINAHASA (sejarah garis waktu)

(4 juta thn SM) Indonesia sudah ada sejak masa pleistocene ketika di hubungkan dengan daratan Asia sekarang.

(500.000) Manusia Java(Homo Erectus) di temukan di Jawa Timur.Penduduk Indonesia sebelumnya beasal dari India dan Burma.

(3000 thn) migrant (orang malayu) datang dari Cina Selatan dan Indocina,dan mereka mulai mendiami kepulauan.

(670) Sulawesi utara tidak pernah membangun kekaisaran besar.Di sulawesi utara,pemimpin-pemimpin dari suku-suku yang berbeda,dan berbicara dengan bahasa yang berbeda,bertemu di batu yang sekarang di kenal sebagai Watu Pinawetengan.Disana mereka mendirikan perhimpunan negara yang merdeka,yang akan membentuk satu kesatuan dan akan tinggal bersama memerangi musuh maupun dari luar jika mereka di serang.

(1200) Pedagang muslim dari gujarat dan persia mulai mengunjungi Indonesia dan mendirikan hubungan perdagangan antara negara ini India dan Persia.
sepanjang perjalanan mereka menyebarkan agama Islam di antara Indonesia,terutama sepanjang daerah pantai Jawa seperti Demak.

(1292) Kaisar cina memberangkatkan banyak mengespedisikan barang rongsokan ke malaka,jawa dan maluku pada thn 1292-1293.Ekspedisi cina tersebut dilakukan untuk berperan atau bermaksud berdagang.Ketika berdagang,kapal layar rongsokan ini membawa porselen Keramik ke Minahasa.Mereka membawa keramik-keramik itu untuk ditukar dengan beras.

(1293) Permulaan Majapahit

(1335) Sekarang pemimpin-pemimpin penting dari suku Minahasa dikuburkan di SARCOPHAGI,nisan yang berdiri yang dinamakan WARUGA.

(1380) jalur perdagangan cina diikuti oleh pedagang-pedagang dari arab.Salah seorang pedagang dari Arab bernama,sharif makdon,pada thn 1380 melakukan perdagangan dari ternate,wenang(sekarang menado),lalu ke filipina selatan.Selain berdagang,pedagang Arab,mereka menyebarkan agama Islam di antara suku manarouw mangindanouw.

Tidak ada komentar: